Rabu, 06 Februari 2013

Tips Cara Memilih Drum Yang Bagus

   Drum merupakan alat musik yang sebagian orang mengartikan Bermain Drum sama dengan Hancurkan. Sebenarnya drum adalah alat musik yang unik karena bayak orang yang bisa memainkan drum tetapi saat didengarkan mana orang yang benar-benar bisa mana orang yang hanya asal pukul saja.
   Berikut ini Saya akan membagikan tips cara memilih drum yang tepat

   1. Jenis Kayu
         Jenis kayu sangat mempengaruhi hasil bunyi yang dihasilkan drum. Biasanya drum yang bagus menggunakan kayu Maple karena jenis kayu ini yang memiliki serat yang rapat sehingga menghasilkan acoustics yang bagus. Selain menggunakan kayu maple biasanya juga menggunakan kayu mahoni karena harga kayu ini yang lebih murah dibandingkan maple dan suara yang dihasilkan juga tidak kalah bagusnya.

   2. Ring dan Piranti Logam
          Ini bagian yang tidak bisa diabaikan. karena ring yang terbuat dari stainless steel tidak akan mudah berkarat dan penyok saat kita melakukan ring shoot pada snare drum. bayangkan saja saat kita memukul pada ring yang terbuat dari besi yang sudah berkarat pasti suara yang dihasilkan akan terdengar kurang bersih dan jika terlalu keras malah bisa retak bahkan patah ring nya.

   3. Berat Tabung
         Mungkin ini adalah hal sepele tetapi jika diterapkan dengan benar maka kita akan mendapatkan drum dengan kualitas yang bagus. biasanya tabung drum yang semakin berat memiliki kualitas yang bagus karena drum yang berat memiliki serat kayu yang semakin rapat dan itu membuat suara yang dihasilkan tidak bocor keluar karena telah tertahan oleh kerapatan serat tadi. dan akan menghasilkan suara yang nyaring.
 
   4. Membran
          Membran adalah selaput yang menutup bagian atas dan bawah drum. kualitas membran yang baik sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan saat bermain drum. Membran yang bagus adalah mebran yang tebal tetapi lentur. Biasanya juga tergantung pada harga semakin mahal membran maka semakin bagus membran. ttapi tidak selamanya harga yang mahal menentukan kualitas dari suatu produk. pokoknya pintar-pintarlah dalam memilih.

Semoga Posting diatas Bermanfaat 

Sumber :http://pcpmusik.blogspot.com/2012/07/cara-memilih-drum.html

0 komentar:

Posting Komentar